Wednesday, October 20, 2010

Congenital or Creation

MyFriendz...
Izinkan hari ini aku kembali untuk share kepada kalian semua. Sejenak aku teringat dengan perkataan seorang sahabat, pada saat itu kami berkumpul untuk menonton bersama, sambil menunggu film yang ingin kami tonton. Kami menyempatkan diri untuk makan malam bersama. Sambil makan, kami sharing satu sama lain. Ketika pembicaraan mulai ke arah serius, sahabatku berkata : "Eh, menurut gw kalau orangnya suka selingkuh berarti memang uda ada turunan dari orang tuanya(mungkin pernah selingkuh) karena di dalam darahnya uda ada hasrat untuk selingkuh dan itu susah untuk disembuhkan". Waow... Aku pribadi cukup terhenyak mendengar pernyataan sahabatku tersebut. Pada saat itu respons-ku hanya diam (tidak membenarkan juga tidak menyalahkan pernyataan tersebut), yang ada hanyalah membuatku berpikir. Apakah benar seseorang memang dilahirkan sebagai penjahat hanya karena orang tuanya dulu pernah berbuat jahat...? Apakah ada orang yang dilahirkan sebagai pemimpin...? Bila ada seorang terlahir dari keluarga miskin, bukankah itu berarti orang tersebut dipastikan akan miskin selamanya...? Kita semua diberikan kebebasan mau menjadi seperti apa kita. Karena sikap positif atau negatif bukanlah bawaan lahir, sikap positif atau negatif bisa dipelajari, sikap positif atau negatif adalah pilihan. Jadi kita bisa melakukan, memperkuat bahkan mengembangkan sikap positif atau negatif tergantung dari pilihan dan keputusan kita, bukan...?

Pada dasarnya, cara kita berpikir dan berperasaan adalah hasil dari pembelajaran dan akan terus berkembang selama hidup. Jika kamu yakin bahwa sikap negatif adalah bawaan sejak lahir, dan kebetulan kamu sendiri atau karyawanmu mempunyai sikap negatif, maka tidak ada sesuatu pun yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Sebenarnya tidaklah demikian. Mungkin faktor genetis juga berperan walau aku tidak mengetahuinya secara pasti dikarenakan memang aku "buta" di bidang tersebut. Sebagai contoh sederhana : sebagian besar orang mungkin bisa menyanyi, namun sedikit sekali yang mampu melantunkan lagu sekaliber Mariah Carey atau Celine Dion. Walaupun demikian, ada istilah "Practice Makes Perfect" : melalui praktek dan latihan kita akan mampu menyanyi lebih baik dari sebelumnya. Jadi dengan bersikap positif, kita akan dapat menjadi semakin baik dalam hal-hal yang kita tekuni. Sebagai langkah awal, kita perlu bersikap positif dan beradaptasi pada kemungkinan terjadinya perubahan.

Sikap positif merupakan suatu sifat yang dapat meningkatkan kualitas pribadi. Namun demikian, sikap positif tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu sikap positif berkaitan timbal balik dengan berbagai kepekaan atau kesadaran dari masing-masing individu. Tentu saja kamu tidak bisa memberi angka yang pasti untuk mengukur tingkat sikap positifmu. Namun pada waktu tertentu, kamu harus menilai seberapa positif sikap kamu pada saat ini, dan apakah ada hal yang harus diubah agar kamu dapat meningkatkan sikap positif. Mungkin kamu akan berpikir mencari patokan yang menjadi ciri-ciri lain bersikap positif dan itu sah-sah saja.

So MyFriendz...
There are no failure or mistakes...
Only feedback or lessons...
Love yourself...
Love each other...
And everything is possible...
Coz you're possible & the creator of your own destiny...

Warmest Regards,
Michael

"I Try Not Become A Man Of Success But Rather To Become A Man Of Value, Significance, Quality & Inspiration In Life"
"God Has Not Called Me To Be Successful But He Has Called Me To Be Faithful"
"If I Die Tomorrow..I'd Be Alright..Because I Believe..That After I'm Gone..The Spirit Carries On..."

0 comments:

Post a Comment